Kamis, 12 Mei 2022

Apa itu UMKM Naik Kelas ?



“Naik Kelas” , sering kita ucapkan atau dengar saat masih sekolah.

Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , Naik Kelas berarti berganti kelas dari kelas yang lebih rendah ke kelas yang lebih tinggi (sesuai dengan urutan angka) setelah memenuhi persyaratan nilai yang ditentukan pastinya.

Lalu, Apa itu UMKM Naik Kelas ?

UMKM Naik kelas dapat diartikan dimana usahanya bisa semakin berkembang yang tentu diiringi dengan produktivitas, daya saing meningkat. sehingga berpotensi mencapai lebih tinggi.

Dari usaha mikro tumbuh menjadi usaha kecil, kemudian meningkat menjadi usaha menengah dan hingga akhirnya bisa menjadi besar.

Apakah UMKM bisa langsung naik kelas ?

Tentu saja tidak , harus dilihat dulu permasalahannya.

Misalnya di level mikro, umumnya masalah muncul pada kesulitan akses pembiayaan, kurangnya kemampuan usaha dalam kuantitas produksi dan kualitas kemasan, serta keterbatasan akses pasar.

Sementara pada UMKM menengah dan menaikkan ke skala besar, Pemerintah fokus di sektor riil atau produksi, dengan bantuan menyuplai bahan baku. 


Apa yang dimaksud dengan Usaha Mikro, Usaha Kecil, Usaha Menengah ?

Bagaimana UMKM bisa dikatakan Naik Kelas ?

Parameter UMKM Naik Kelas secara umum, diantaranya:


  1. Berbasis teknologi, dalam proses produksinya UMKM sudah menggunakan teknologi yang ada, sesuai dengan tipikal usaha yang digeluti; 
  2. Menggunakan sistem pemasaran berbasis IT, pelaku usaha sudah melakukan pemasaran produk melalui internet, serta mampu melayani pesanan produk melalui internet .
  3. 3.Sumber Daya Manusia yang terampil dan berpengetahuan;
  4. 4.Fokus pada pelayanan konsumen, mampu menghasilkan produk yang demand driven berdasarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen’ 
  5. 5.Pelaku usaha harus bersifat adaptif / mudah menyesuaikan diri

Mengapa peran UMKM sangat penting ?

UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian bangsa. Karena UMKM memiliki 99 persen populasi usaha dan menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja. Yang jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan komitmen berbagai pihak dalam mendukung kemajuan UMKM nasional

Apa sih strategi / Tahapan untuk mewujudkan UMKM Naik Kelas ?

Biasa dikenal dengan istilah 4G, yaitu

Go Modern

Menerapkan manajemen modern dalam bisnis UMKM dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti entrepreneur, profesional, inovatif, keluasaan jaringan usaha dan kemampuan adaptif. Penerapan SOP ( manajemen berbasis ISO9001 ) salah satunya akan menjadikan perusahaan tersistemasi dengan baik dan siap untuk Duplikasi dan Scale Up

Go Digital

Mengubah suatu komunikasi, interaksi dan berbagai manfaat dalam bisnis berubah menjadi digital. Dengan menerapkan Go Digital, maka Anda bisa beralih dari sistem konvensional menjadi virtual. Termasuk diantara mengadopsi sistem yang sudah terkomputerisasi seperti penggunaan aplikasi untuk inventory - gudang -absensi dan lain2.

Go Online

Menjadikan usaha lebih kompetitif , bisa meraih pelanggan baik regional maupun global, terbukanya akses yang jauh lebih luas dan lebih muda dari sebelumnya. Dengan Go Online Anda dapat menjangkau pelanggan baru dengan mudah, bahkan ke daerah yang belum pernah Anda jangkau sebelumnya. Terutama didalam hal pemasaran ( Marketing Online )

Go Global

Upaya memperluas jangkauan usaha ke seluruh dunia.Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor. Tidak hanya tentang basis pelanggan , tetapi juga fasilitas produksi, bahan baku, manajemen, dan pendapatan.

Selamat bermetamorfosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu UMKM Naik Kelas ?

“Naik Kelas” , sering kita ucapkan atau dengar saat masih sekolah. Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , Naik Kelas berarti bergant...